Selasa, 29 Maret 2011

TOSHIBA dramatic suara kecil

Beberapa minggu yang lalu dapet pasien tv TOSHIBA 21" Dramatic tipe 21E3XR punya tetanggaku laen RT,  dengan keluhan suara kecil sekali walaupun digital volume di layar tv menunjukkan sampai volume100 levelnya (max),tv aku buka dan tidak lupa resolder ulang dulu yang terlihat retak,baru kemudian saya cek kerusakan nya, tegangan ic audio normal,ic audio juga normal,juga spekernya masih normal, wah apanya lagi ya pikirku, setelah di telusuri kembali jalur pcb yg berkelok2 kanan kiri maju terus akhirnya ketemu TR kecil  Q 611 yang tertulis di body nya yg ramping itu C2878 ,begitu tr di lepas,kok byarrr............ suara langsung lantang ky pake speaker toa, ternyata itu tr itu  yang bikin suara kecil,.kemudian coba aku ganti tipe lain ,tapi tetep gak mau ,maka keputusan terakhir ya terpaksa tr tersebut tidak di pasang ,mungkin dan pasti ada pengaruhnya dengan di lepasnya tr tersebut,tapi dengan keterbatasan ilmu saya,itu yang saya lakukan mudah2an bagi pembaca yang lebih mengerti dapat memperbaiki atau memberikan masukan dan ...semoga bermanfaat ...salam sukses .