Senin, 19 Maret 2012

Materi Kabel Sound system

Material Kabel
      Bahan – bahan penyusun kabel merupakan komponen penting yang membuat suara yang dihasilkan bisa berbeda satu sama lain. Bahan utama sebuah kabel adalah tembaga. Tapi umumnya tembaga yg tersedia tidak murni. Kesulitan yang akan timbul dari tembaga tak murni adalah, mudah teroksidasi jika mendapat kontak dengan udara. Untuk menghindarinya, beberapa pabrik pembuat kabel memberi label OFC  atau  Oxygen  Free  Cable.  Maknanya  kabel  itu  memiliki pembungkus yang sangat baik sehingga oksigen tidak dapat masuk sampai ke bagian tengah kabel. Pernah melihat kabel speaker yang sudah berumur satu tahun dan berwarna hitam agak kehijauan, itulah tandanya oksigen dapat masuk ke bagian tengah kabel. Konduktor sebagai media penghantar listrik memiliki peran yang besar dalam menentukan kualitas kabel. Bahan konduktor yang sering dipakai untuk kabel audio dapat dijabarkan sebagi berikut: 

  •   Tough Pitch Copper/Silver
       Adalah bahan konduktor yang umum dipakai untuk kabel listrik.
       Jenis konduktor ini adalah jenis yang paling murah dan kualitas
       yang kurang baik untuk sinyal audio. 
  •   Metal Alloy Conductor
       Adalah bahan konduktor dengan campuran yang unik.  –– Oxygene Free Silver
  •   Oxygen Free Copper [OFC]
       Adalah bahan konduktor copper/silver dengan kadar Oksigen
       yang rendah. 
  •   Silver plated OFC
       Bahan konduktor copper bebas oksigen yang dilapisi silver. 
  •   Ohno Continous Casting Copper/Silver
       Adalah bahan konduktor copper/silver yang diproses khusus
       sehingga menghasilkan butir mono kristal dengan tingkat
       kemurnian tertinggi saat ini. 


      Untuk menghindari oksidasi, pabrik  melapisi tembaga dengan seng. Namun suara yang dihasilkan sangat tajam dengan ton rendah yang kurang solid. Tapi anehnya, kabel seperti ini memperkuat sinyal secara keseluruhan. Sehingga, ketika kita membaca meter yg ada di mixer, sinyal bisa naik hampir 20 % dibandingkan dengan kabel tembaga murni. Contoh kabel mikrofon yang berlapis seng antara lain  : Klotz Quad SQ422, Belden 8760, dan Belden 8761. Sedangkan untuk kabel speaker, Belden 8470. 
Geometri pada kabel berperan sebagai ground, mengurangi problem skin efek, bunching efek dan lain –lain.

      Dalam kabel audio kita mengenal beberapa geometri kabel seperti: Kabel solid, Kabel serabut, Kumpulan kabel serabut dengan geometri   tertentu,   penampang   bundar,   penampang   gepeng, penampang hollow-oval dll. Bahan Insulasi atau sering disebut dielektrik berfungsi sebagai pelindung konduktor, menghalau sinyal radio frekuensi, mengurangi  problem skin efek, dll. Kita mengenal beberapa bahan insulasi yang sering di pakai di kabel audio: PVC, Plastic, FPE, PP, Teflon dll