Selasa, 24 Mei 2011

Tv MITOCHIBA type 2133 hilang warna




Dapet servisan tv Mitochiba tipe 2133 dari tetangga ku yang bekerja sebagai security di daerah Pahoman ,Bandar Lampung , tv ini milik orang yang tetanggaku bekerja di sana, menurut beliau tv ini gambar ada suara ada, Cuma kok warnanya gak ada,kemudian setelah mendapat penjelasan tv saya buka ,saya periksa satu demi satu jalur tv, oh ya data2 tv tersebut  menggunakan Ic tunggal 8893CPCNG6URO , Memory 24c08 , horizontal  D1651C , Vertical LA 78040 , Ic suara TDA 2003 , FBT tertulis BSC 25 – N1003B/BSC 24 01N4006E , terus mari kita lanjutkan penelusuran, ketika melakukan pengurutan jalur terdapat beberapa solderan yg retak kemudian sekalian saya solder ,tapi belum membuahkan hasil kemudian pencarian di lakukan kembali , kemudian karna tegangan masih normal semua maka saya coba tuk ganti cristalnya, begitu saya lihat la kok cristalnya bertuliskan SZYC 8.000 33+22 kok bukan cristal 4,3 ,setelah mencari informasi ternyata untuk ic tunggal memang  menggunakan cristal tyoe yang 8.000 , kemudian saya coba mencari cristal wah kok gak ada, kemudian saya coba tuk menempelkan cristal 4,3 ke cristal 8.000 la kok keluar warna nya,nah dengan demikian dapat di pastikan cristal yang sudah rusak, dan akhirnya dapet juga cristal yang 8.000 dan langsung saya pasang ,begitu selesai pasang kemudian tv saya hidupkan dan  wah gambarnya jadi ada warnanya,dan syukur Alhamdulilah akhirnya selesai juga tv ini tinggal nunggu bayaran, mudah mudahan bermanfaat amin…