Senin, 10 September 2012

Awas, Remot RM-109E Berbahaya Bagi TV Aiwa Anda !


Rabu, 21 April 2010CHUNGHOP ELECTRONICS IND CO.,LTD memproduksi sebuah remote model RM-109E yang merupakan remote dengan desain dan fitur yang inovatif, karena dalam remote ini telah ditanamkan sebuah fungsi baru yang disebut network intelligent digital brand searching model, dimana dengan fitur ini memungkinkan penyesuaian remote dengan televisi yang sesuai menggunakan cara yang cerdas tanpa perlu mengetahui berapa kode yang cocok untuk televisi tersebut, sehingga meskipun Anda kehilangan atau tidak tahu berapa kode yang sesuai dengan televisi Anda, Anda tetap bisa menemukannya dengan mudah, cukup tekan tombol SET beberapa detik hingga led menyala, lalu tekan tombol Volume + berulang-ulang hingga display Volume muncul di televisi anda, untuk menguncinya tekan SET kembali, dan remote ini telah dapat digunakan dengan sempurna.
Remote ini cocok pada hampir semua merek TV termasuk merek lama, merek-merek baru, merek-merek terkenal dari dalam dan luar negeri bahkan untuk merek lain yang mungkin belum pernah terdengan telinga Anda sebelumnya.
Produk ini didesain memiliki 38 tombol dengan fungsi yang meliputi hampir semua fungsi umum seperti : pemilihan channel, volume, PIP (picture in picture), mute, AV/TV, dll.
Dengan menggunakan chip yang mengkonsumsi daya yang cukup rendah, sehingga membuat baterai yang digunakan remote ini sangat awet. Yang sangat menyenangkan adalah Anda tidak perlu menyeting ulang kodenya jika baterainya habis atau terlepas, bandingkan dengan produk sejenis yang mengharuskan setting ulang kodenya jika baterainya habis atau terlepas.
Tetapi dibalik segudang kehebatan remote ini, Anda harus cukup berhati-hati jika akan Anda gunakan pada televisi merek AIWA, sebab bisa-bisa Anda akan kaget karena mendapati televisi Aiwa Anda tiba-tiba rusak setelah Anda menekan sebuah tombol "berbahaya" dari remote RM-109E ini.
Kerusakan yang mungkin bisa terjadi pada televisi Aiwa anda setelah menekan tombol "berbahaya" tersebut antara lain :
  • Gambar memanjang
  • Suara tidak bunyi
  • White balance tidak sempurna, gambar kemerah-merahan, kehijau-hijauan atau kebiru-biruan
  • Penerimaan sinyal tidak peka
  • Tidak dapat melakukan Auto Searching
  • Gambar bergeser kesamping
  • Seluruh setingan channel hilang
  • Menu Bass, Treble atau Balance hilang
  • Menu Colour System hilang
  • Dll
Tombol "berbahaya" ini adalah tombol GESER KIRI dan tombol GESER ATAS pada remote, letak tombol GESER KIRI atau GESER ATAS berada pada pojok kanan bawah remote, lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya, kedua tombol yang berbahaya tersebut saya tandai dengan menggunakan garis tebal kuning.
Mengapa setelah menekan tombol ini TV menjadi rusak?, sebab fungsi tombol-tombol ini pada beberapa model TV aiwa adalah mengembalikan setingan pada setingan pabrik, atau istilahnya RESET FACTORY SETTING. Untuk beberapa model mungkin tidak cukup berbahaya, hanya saja settingan Channel yang telah diprogram hilang sehingga cukup memprogram ulang channel / mem-preset frekuensi siaran maka televisi Aiwa Anda sudah normal kembali, kerusakan terparah kami temukan terjadi pada model FT2188SHA/SHR dan FT2588SHA/SHR.
Untuk mengatasi kerusakan ini ada 2 cara, cara pertama dengan tanpa membongkar casing televisi, cukup setting ulang eeprom-nya dengan masuk ke MODE SERVICE menggunakan Service Key Aiwa, cara kedua dengan cara meng-copy kan file eeprom yang sesuai dengan eeprom programmer atau eeprom copy-er jika Anda telah memiliki masternya.
Setelah semuanya beres, jangan lupa bongkar remote RM-109E ini, lalu tutup / potong jalur untuk fungsi GESER KIRI atau GESER ATAS biar aman