Selasa, 18 September 2012

CARA SERVIS PCB AC MITSUBISHI MATI TOTAL


PCB AC ( AIR CONDITIONER) adalah rangkaian Control unit yang berfungsi mengendalikan kerja dari sebuah unit mesin AC ( pendingin udara).

Untuk posting kali ini saya akan menulis pengalaman saya memperbaiki sebuah PCB control AC merk MITSUBISHI. Rangkaian ini datang dari salah seoran teman Tk service AC dengan keluhan PCB mati total dan tadinya tidak bisa pakai Remote control.

PCB control ini bekerja dengan tegangan DC 12 volt dan 5 volt, mengunakan Regulator otomatis serta IC micro control ( Ic laba-laba yang kodenya NEC PKX5556001). Untuk pertama saya sambung kabel input 220 volt kemudian pengecekan dimulai, pertama saya temukan tegangan output regulator Drop, tegangan dari IC L88R05D tidak keluar sama sekali. untuk IC L88R05D adalah IC regulator untuk tegangan 12Volt dan 5Volt, pada kasus kali ini ic tersebut short (konslet) sehingga ic tersebut tidak bekerja.

Untuk langkah berikutnya IC L88R05D saya ganti, dan setelah penggantian selesai kemudian saya kembali melakukan pengukuran , pcb saya nyalakan dan saya ukur tegangan 12v dan 5v sudah keluar.
selanjutnya saatnya TEST RUN dengan jalur out put ke Outdor saya ganti dengan kipas angin biasa.
Dan hasilnya setelah saya nyalakan PCB teryata kipas mau berputar. Selanjutnya saya tes dengan menggunakan Remote, dan ternyata memang remote tidak berfungsi.

( Cara test remot : saya menggunakan kamera sebuah ponsel, arahkan sensor remote ke kamera ponsel, kemudian tekan salah satu tombol remote, kalau sensor terlihat menyala pada kamera ponsel, berarti remote It's oke alias Baik-baik saja)

Kembali ke PCB ac, setelah remot saya test remot teryata bagus tidak masalah, berarti kerusakan ada pada rangkain control, setelah melakukan berbagai pengecekan saya putuskan untuk mengganti sensor IR pada rangkaian tersebut. dan setelah selesai penggantian sensor, kemudian saya tes menggunakan remote, remote saya tekan dan terdengar suara " tik.." dari rangakaian control.

Kesimpulan : Kerusakan pada IC L88R05D dan Sensor Infra red pada rangkain control.

SELESAI.