Selasa, 18 September 2012

Kerusakkan Yang Menyebabkan Siaran Bergeser


Lagi asyik-asyiknya nonton tv tiba-tiba siaran bergeser ,kadang cuma geser sedikit kadang juga banyak hingga membuat gambar tidak enak di tonton tentu menjengkelkan.
tuner
Komponen apa saja yang bisa menyebabkan siaran geser di antaranya:

- Tuner. Bagian ini merupakan komponen yang pertamakali menerima sinyal Radio dari pemancar Televisi.Disini sinyal RF diubah menjadi sinyal menengah (IF).Jika komponen tuner ini rusak ada beberapa gejala yang pernah saya temui diantaranya Siaran tidak ada samasekali,sinyal penerimaan lemah padahal antena sudah tinggi,siaran geser hingga membuat gambar tidak nampak (seperti gelombang air) kadang suaranya yang noise,salah satu atau dua band tidak berfungsi (UHF,VHF,VHFL tidak berfungsi).

-Dioda Zener 33 volt.Tegangan 33 volt sangat vital untuk mengunci frekuensi siaran (channel)maka sangat dibutuhkan tegangan yang sangat stabil,jika tegangan kurang stabil maka siaran akan bergeser.Dalam beberapa kasus dioda zener 33 volt ini sering rusak terutama jika panas berlebih (biasanya untuk kasus ini siaran akan bergeser setelah tv menyala beberapa saat,kadang dalam hitungan menit kadang hitungan jam).

-Resistor .Resistor ini untuk menghambat laju tegangan 33 volt yang akan masuk ke VT tuner biasanya Resistor ini berubah nilainya (15K).Dalam kasus yang saya temui resistor yang mensuplai tegangan 33 volt ini jika panas berubah nilainya.

-Kapasitor.Untuk memperhalus tegangan yang menuju VT (filter tegangan) dalam beberapa kasus kapasitor ini kondisinya kering sehingga jika kondisi panas siaran akan bergeser.

-Transistor.Sering saya menemui komponen ini jenuh,jadi jika di ukur memakai multitester normal tapi jika di pasang tidak berfungsi dengan baik.

-Trafo iF.Dalam beberapa kasus rusaknya trafo ini akan mengakibatkan siaran bergeser,bisa karena diputar putar sembarangan sehingga membuat berubahnya frekuensi IF.


rangkaian-33v-ke-vt-tuner
Masih banyak lagi penyebab bergesernya siaran televisi yang belum bisa di utarakan disini mungkin ada rekan-rekan yang mau berbagi pengalamannya disini.Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam menulis karena keterbatasan ilmu saya.
Terimakasih.