Selasa, 18 September 2012

TV MERK CHINA GAMBAR HILANG ( HANYA LAYAR BERWARNA BIRU)


     Kemarin saya mendapat servisan TV merk cina BOMBASOUND seri 21N5XE. TV tersebut di bawa ke bengkel saya dengan kondisi GAMBAR HILANG dan SUARA HILANG. pertama saya buka casing tv tersebut, kemudian saya bersihkan casis mesin dan juga casingnya.
     Setelah bersih-bersih selesai langsung saja saya cek mesin, saya temukan banyak elco dengan kondisi rusak (elco kembung dan sebagian kaki elco pada karatan dan putus). Kemudian langsung saya ganti semua elco yang rusak tersebut, setelah penggantian selesai TV saya coba nyalakan, ternyata setelah saya amati MASIH  TETAP ndak ada gambar. pengecekan saya lanjutkan lagi  dengan ambil  MULTI TESTER, saya cek tegangan power suplay, tegangan ke IC LA 76810A, TUNER, semuanya normal. Kemudian tanpa pikir panjang langsung saja saya    ganti  coil 6019 ( posisi dekat IC LA 76810).setelah penggantian selesai TV saya nyalakan, GAMBARNYA NONGOL, alhamdulilah puji syukur saya panjatkan, akhirnya jadi juga.
     Cukup sekian dulu untuk posting kali ini, SUKSES......!

                                                           INI BOS GAMBAR TVnya



Catatan : untuk kerusakan semacam ini juga bukan hanya kerusakan pada coilnya AFTnya saja. saya juga pernah mengalami kasus serupa yaitu TV tidak bisa menangkap siaran dikarenakan Pin AGC pada tuner tidak kebagian tegangan 5 volt dikarenakan R201 rusak. (kasus ini terjadi pada mainboard tv china ber IC tunggal)