Selasa, 04 September 2012

Cara servis tv mati standby

Untuk lanjutan cara perbaiki TV mati total stanby .  kali ini saya akan membahas tentang IC control sedikit yang bisa mengakibatkan TV mati stanby.

IC control juga bisa mengakibatkan TV mati total stanby ,  karena  IC control  tidak bekerja maka IC prosesor tidak dapat trigger atau masukan data dari  IC control.

IC prosesor mendapat tegangan  trigger  terutama untuk horizontal Vcc berasal dari IC control . setelah  tegangan  horizontal VCC masuk dan oscillator  horizontal bekerja maka tegangan horizontal driver keluar untuk memacu transistor driver horizontal hidup.

Setelah  transistor driver hidup bila  tidak ada masalah lagi di power horizontal , maka akan hiduplah  TV tersebut .

Biasanya IC control tidak pernah rusak kecuali TV kena petir . IC control harus mendapat teg angan kurang lebih 5 volt ( tergantung  type IC controlnya ) dan konstan .
IC control ini sangat sensitive tidak boleh lembab dan kotor.apa lagi basah  . oscilatornya memakai x’tal dan bekerja sama dengan IC memory .

Bisa juga tuts nya ada yang short , lembab atau kena air berarti salah satunya kaki IC control short maka TV ini juga  tidak mau hidup . periksa juga barangkali solderan nya kering maka perlu solder ulang .

cara perbaiki tv mati total standby 2

 

Seperti janji saya  , cara perbaiki TV  mati  stanby bagian ke 2 ini , lanjutan dari artikel yang terdahulu oke…. Yup kita lanjutkan…

Kita anggap power supply baik dan rangkaian control baik .kemungkinan  rangkaian  blog horizontal ada masalah . misalnya  rangkain oscilator horizontal  , rangakian  driver  horizontal  dan  rangkaian  power horizontal.

Untuk rangkaian ascilator horizontal anda periksa tegangan  horizontal vcc ( H.vcc ). X’tal dan rangkaian sekitarnya misalnya  H out bagaimana ?

Untuk rangkaian driver  horizontal  periksa tegangan  di basis transistor driver dan collector  nya .  tegangan  di collector transistor driver  harus ada  setengah  tegangan  Vcc .  juga periksa trafo output  horizontal ini jarang rusak  .

Periksa  power  horizontal  ini sering rusak  ,  biasa rusak ada penyebabnya , cari dulu penyebab nya  baru ganti . periksa tegangan  di collector dan basis . atau yang terakhir FBT ( flyback trafo ) nya  rusak , FBT bisa di tes sebelum anda membelinya .

Kalau sudah oke semua pasti deh hidup . untuk belajar lebih mendalam anda harus mempunyai  ebook yang saya sedang susun tunggu  tanggal mainnya.

kerusakan tv buram dan gelap

 

Penyakit tv sekarang ini memang jelek kwalitasnya , apalagi merk nya engga terkenal
Kadang TV anda baru beberapa tahun aja gambarnya udah gelap
kadang buram walaupun brightnes dan contras maximal ini mungkin stelan di FBT berubah
kadang  juga emisi layarnya berubah
maklum kwalitas layarTV kurang bagus
Cuma disini anda harus membuka tutup  belakang TV . ayo mari kita praktekan…..
buka tutup belakang TV lalu kita lihat ada sebuah  komponen yang berbentuk bulat tinggi
sekitar 7 cm warna hitam ada kabel merah besar
yang menempel ke tabung layer itulah yang nama nya FLY BACK atau FBT di badan nya

ada 2 buah setelan yang satu tulisan nya FOCUS gunanya untuk mempertajam gambar ,
yang satu lagi tulisannya SCREEN
gunanya untuk mengatur gelap terang ,putar kekiri atau kekanan SCREEN pelan2 sampai
gambarnya bagus terang tapi jangan sampai keluar garis tipis putih

dan putar setelan FOCUS sampai gambar tajam ,setelah terang dan tajam
Jadi deh…….. terus pasang kembali tutup belakang TV …..mantap……
Okeh gampangkan…?

Begitukan teman-teman…….he he he tolong tambahin dong pengalaman 2 teman-teman
Tulis dikolom komentar .

cara memperbaiki tv mati standby

Pada  akhir-akhir ini memang banyak sekali  keluhan tv mati stanby alias ga mau hidup hanya lampu kecil merah saja yang nyala. Apa sih… penyebab nya  ?
Untuk kerusakan tv ini sebenarnya banyak kemungkinan misalnya :
Rangkaian control dan IC nya lembab atau kotor.
Power supply tidak bekerja maximal ( lemah )
Tuts nya ada yang short . kotor
Rangkaian  osc dan driver horizontal  tidak bekerja . atau ada yang rusak
Ini yang banyak terjadi ada salah satu rangkaian yang bermasalah atau rusak jadi protect
Bagaimana cara memperbaiki tv tersebut ?
Kita parbaiki aja yang gampang-gampang dulu seperti  membersihkan  rangkaian control dan sekitar IC control dengan kwas dan tener lalu keringkan . coba…hidupkan
Kalau belum ok solder ulang kaki-kaki IC control dan IC prosesornya ,dan juga rangkaian nya ,  hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang terhubung singkat ( short ) .
Coba lagi hidupkan …. Bagaimana sudah berhasil ? kalau belum..
Periksa tuts nya mungkin ada yang short , cabut dan bersihkan dengan tener rusak ganti dengan yang baru. Pasang kembali coba hidupkan ….belum juga hidup ?
Periksa rangkaian power supply teg B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21” .
Teg b+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29”.
Periksa teg  5 volt atau 3 volt  untuk teg IC control dan memori.
Biasa  elco-elco nya yang sudah lemah terutama yang tegangan nya tinggi.
Coba lagi deh mungkin sudah hidup . kalau belum hidup juga tunggu artikel berikutnya…cara perbaiki tv mati stanby bagian kedu

cara cabut pasang IC BGA pada tv dan hp

Sebelim anda mengangkat  IC  BGA pada hand phone dan tv . siapkan dulu alat yang diperlukan
  1. kwas lembut  , pinset . dan tener untuk pembersih
  2. timah dan songka cair
  3. kawat tembaga serabut untuk mengambil sisa timah
  4. plat cetak  IC BGA
  5. blower , solder 30 watt
cara mencabut IC BGA
taruh kan  songka cair ( pasta ) keseluruh badan dan kaki IC secukupnya agar panas nya tidak merusak IC . panaskan pakai blower sambil digoyang-goyangkan IC  tersebut pakai pinset sampai  tercabut keluar. Bersihkan sisa timah di kaki IC pakai kawat tembaga serabut hingga rata permukaan nya juga PCB nya . setelah itu bersihkan pakai tener IC maupun PCB nya  dan keringkan .
cara pasang IC BGA .
untuk memasang IC BGA anda harus membuat kaki IC dahulu caranya ambil plat pencetak IC BGA tempelkan pada IC tersebut hingga pas betul lalu oleskan timah cair pada permukaan plat yang berada diatas IC hingga lumer timah tersebut menjadi kaki IC ,  angkat plat cetakan dan anda amati  apakah semua kaki sudah tercetak dan rata ,
kalau sudah IC siap dipasang . pasang IC BGA tepat pada PCB sebelumnya oleskan dulu  pakai songka cair IC dan PCB nya  , perhatikan kaki no 1 jangan sampai salah , oleskan songka cair diatas badan IC . lalu panaskan badan IC tersebut sambil ditekan sedikit pakai pinset sampai terlihat IC menempel pada PCB nya , bersihkan pakai tener sedikit  dan selesai

tunggu artikel selanjutnya  , semoga bermanfaat .

cara servis tv pakai oscilloscope

Oscilloscope sangat membantu dalam memperbaiki tv maupun hp , apalagi  untuk mengetahui rangkaian kerja oscillator / pembangkit . misalnya  untuk mengetahui kerja oscillator  horizontal  sampai driver  horizontal pada tv mati total . bisa juga untuk memeriksa IC control , misalnya oscillator x,tal  , riset dan lain nya pada tv mati stanby  . begitu juga untuk memeriksa  sinyal gambar  mulai dari rangkaian  IF sampai pada rangkaian video output juga rangkaian suara . dengan osciloscop anda juga bisa memeriksa rangkaian  kerja  AV .
Untuk mengetahui tv mati total , mati total standby paling mudah  periksa pakai osciloscop . mulai dari pembangkit / oscillator horizontal sampai ke driver horizontal , kita bisa melihat signal nya , apakah ada atau terputus bila ternyata putus , kita bisa ukur / periksa  pakai multimeter rangkaian tersebut  . begitu juga  dengan rangkaian IC control bisa di cek pakai osciloscop. Dan masih banyak lagi kegunaan osciloscop .

Jual murah oscilloscope 10 mhz / second  , barang bagus  , biasa dipakai oleh saya . merk KIKUSUI model 5509 japan , harga 500 ribu aja…. Bisa nego
Berminat  hubungi saya 08818099801
Untuk lebih jelasnya  cara memperbaiki tv dengan memakai oscilloscope dengan gaya dan cara saya sendiri nanti saya buatkan  artikelnya.

cara servis tv polytron mati total standby

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati stanby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .
Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .
Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .
Ini lah pengalaman  saya  untuk servis tv politron yang sering saya  dapatkan  kerusakan  tv politron  mati stanby .

TV samsung ngelipet kurang penuh

Karena saya pernah juga kerja di Samsung electronic  ( ASC ) ,  sering juga saya mendapat kerusakan tv Samsung  yang gambar nya ngelipet atau tidak penuh , banyak teknisi yang terkecoh menggan ti IC vertical  padahal  teknisi tersebut tidak memeriksa  supply yang satu lagi yaitu 12 volt  nya
IC tersebut memang  ada  2 tegangan  supply yang sering bermasalah yaitu tegangan yang dari FBT lewat resistor  menuju kekaki IC vertical . biasa yang sering putus adalah  resistornya  .( R fuse ) .
Atau  kalau ngelipet bagian atas  ( kurang penuh bagian  atas ) biasanya  elco  47 uF nya yang berubah nilai .

cara service remote TV dan AC

Remote  tv paling banyak sekali rusak , apalagi bila anda punya anak kecil , sering terjatuh , kebanting , kena air , lembab  dsb.
Untuk itu  anda jangan langsung  beli remote baru , coba dulu perbaiki , mungkin hanya lembab kena air atau terjatuh.
Modal nya hanya obeng kecil , kwas , tener , timah solder dan solder 40 watt
Yup kita mulai….
buka casing remote dengan obeng kecil keluarkan isinya cuci / bersihkan dengan kwas dan tener pcb dan karet-karetnya . keringkan pakai pengering rambut atau jemur , pasang pcb dan karet –karetnya   pasang batreynya  coba aktifkan.. bila sudah dibersihkan masih juga belum aktif , coba solder ulang semua kaki  komponen tersebut sampai dengan kaki IC nya . awas hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang bergabung . nah coba lagi deh…..
biasanya langka 1 dan 2 ini sudah bisa aktif , bila belum juga periksa jalur , mungkin ada jalur yang putus biasa nya  hubungan antara batrey dan pcb atau pcb pecah coba periksa  dengan teliti . bila tidak ada yang putus coba anda periksa infra red nya atau x’tal 455 nyabiasa nya ini sering rusak  atau  kaki nya putus , soldernya  terlepas .

solusi cara hilangkan warna liar ( gousing )

Apkah anda pernah melihat……                                                                           Kadang ada sebuah tv yang gambarnya  utuh tapi ada warna yang lain yang seharusnya  sawah misalnya warnanya hijau , tapi ini lain merah atau biru jadi ga enak dilihat , lucu kan ?  masa ada sawah warnanya merah sih…. Kalo sedikit sih ga apa kali…kalo banyak…….    gimana tu …solusinya  hee…hee….
Sebenar nya sih ini bukan kerusakan tv hanya ada medan  magnit yang masuk kedalam tabung CRT ini berlaku pada tv biasa / flat ,  bukan tv LCD dan  PLASMA .                                                                                                                                         nah ……bagaimana solusinya ……
anda ambil sebuah magnit bekas atau belakang  speker , lalu anda dekatkan pada layer tv anda ,  jarak kurang lebih 1 cm , Kekiri atau kekanan ber-ulang2 ( jangan sampai kena layar )    sampai warna yang lain itu  hilang . atau anda bisa  pinjam ama bengkel tv sebentar yang   namanya gousing .
anda colok stekernya ke stop kontak , lalu lakukan seperti pakai magnit tadi , ini malah lebih cepat , hanya satu  menit . gampangkan……..?\