Senin, 10 September 2012

LCD LG FLATRON PROBLEM

Pada semua seri FLATRON LCD,kerusakan yg amat sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15"- 25" ).Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang nonstop 24 jam terus tanpa istirahat sedikit pun.
Kebetulan kali ini ada satu " patient " yang akan kami bongkar,yaitu type : LG FLATRON L 1753S-BF yang mati total.
Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka /lepaskan 4 buah baut di belakang panel.Baut ini mengunci casing panel belakang dengan box metal dari rangkaian regulator dan inverter.
2. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeh pipih (Minus)untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor.Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body.seperti saat kita membongkar remote control.
3. Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1 ,soket yg menuju tombol panel control disisi samping.
4. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD ( soket-soket inverter dan kabel data LCD )hati2 jangan sampai kabel data nya robek.
5. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekat nya.
6. Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat/keluarkan dari dalam box pelindung ini.
7. Segera dapat anda lihat langsung ,ada beberapa elco 2-3 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : C202 ( 470/25V ), c203 ( 680/25V ) dan C204 (1000/25V).
8. Ganti ketiga komponen tersebut, It's finish then working....mudah bukan?..
Sebagai tambahan regulator ini menggunakan transistor utama type : STK 0765,bila sulit mencari penggantinya dapat anda gunakan TR FET type : FS 7UM atau FS10 UM.
Jika anda mendapatkan keluhan dari monitor LCD LG FLATRON type berapa saja,jangan ragu untuk mereparasinya karena hanya bagian ini saja lah yang sangat sering terjadi kerusakan.

LCD BENQ FP731 POWER PROBLEM

Pada kasus monitor merek BENQ ini, saya mengambil contoh dari type : LCD BENQ FP731.Seperti kebanyakan kerusakan yg terjadi pada monitor jenis LCD adalah kasus gagalnya sistem power supply.Apalagi pada model ini,blok regulator sangat rapih dan kompak terpadu dalam sebuah bungkus/casing alumunium yg rapat,sehingga pertukaran udara bebasnya menjadi sulit.
Langsung saja pada intinya.Jika anda mendapatkan monitor lcd type ini yg mempunyai masalah tidak dapat di hidupkan,segera saja anda bongkar semua casing mulai dari tutp belakang,dan angkat semua penutup alumunium untuk blok power supply.Maka akan terlihat seperti di bawah ini.

Tampak bagian blok regulatornya,maka anda dapat secara langsung menebak komponen apa saja yang terlihat rusak,tapi tunggu dulu, biasakan untuk memeriksa beberapa komponen utama / penting pada blok regulator ini ,terutama pertama kali anda cek sekring/fusenya,jika putus segera cek transtor utama.Dalam kasus kali ini fuse dan IC inti nya terukur bagus,maka pelacakan beralih pada bagian sekunder regulator,periksa mulai dari dioda sekundernya dahulu,setelahnya anda dapat langsung mengganti beberapa elco yang terlihat bocor dan menggembung.Meskipun anda cukup mengganti beberapa elco yang terlihat secara fisik telah bocor,tapi ada baiknya juga mengganti sekaligus beberapa elco pendukung lainnya,dengan alasan agar kerja regulator ini dapat bekerja normal kembali tanpa resiko kembali ke pangkuan anda.

Dalam gambar di bawah ini ,kebanyakan elco yang rusak bernilai 470/16/25 dan 1000/16-25V.Persis dengan kerusakan yang terjadi pada beberapa merek monitor LCD lainnya.
Perbaikan monitor LCD BENQ ini rupanya tidak sesulit apa yang saya duga sebelumnya.Pengalaman ini mungkin berguna bagi anda, dan paling tidak sedikit memberi dukungan mental bagi para hobiist electronic lainnya