Senin, 03 September 2012

TV Solitron SE3729Z, Standby



Hampir satu bulan TV ini masuk kolong meja, kerusakan standby switch power tidak respon, penggantian IC atmel 24C02 tidak menyelesaikan masalah. B+ normal 125V, 5V juga normal, coba beli IC prog type SPM-133T gak ada yg punya.
Coba konsletkan pin "Aging" tv nyala tp layar blangking. Kecurigaan muncul saat ukur teg di kaki switch panel bagian Fine tune, salah satu kakinya teg drop, coba lepas switchnya kemudian tekan tombol power, jrooot....TV nyala gambar cantik suara merdu.Alhamdullilah.....
Gambar diatas adalah switch Fine tune yg jadi biang kerok

Bongkar dan bersihkan jalur didalam switch yg dikotori oleh karbon yg meleleh, gunakan lap basah jangan pakai thiner.

Pasang kembali seperti semula dan TV siap running test.
Semoga manfaat.....

Led Cube 3x3x3

Akhirnya selesai juga, bikin led cube 3x3x3 dengan PIC 16F628A. Dimulai dari nol tentang mikrokontroler, dapat ide dari :
 http://www.instructables.com/id/3x3x3-LED-Cube/
Maunya mau melepas stress gak tahunya malah tambah stress, tapi setelah led cube nya jadi hilang juga stressnya.....

Led untuk dekorasi

Dapat pesanan lagi rangkaian led, yang ini untuk dekorasi rumah.
Katanya yang pesen mau di taruh di tembok bagian tengah, arah sinar led ke atas.
Hemat energi dan tidak panas katanya.

Led VU Display

Pingin lagi si kecil tersenyum, sepulang sekolah si kecil masuk rumah sambil memberi salam " Assalamu'alaikum.." setelah ku jawab " Wa'alaikum salam...." ku panggil dia, dik...sini lihat ini... :-) akhirnya dia tersenyum sambil berkata : " Iso ae ayah ki...". Setiap dia main komputer kulihat dia pasti lihat ke bawah meja sambil bergoyang mengikuti lagunya smash...ampun deh....setiap hari smash terus....gak papa asal dia gak tanya artinya lagu " Cinta Satu Malam".....



Runing Led

Lagi dapat ide dari si kecil, waktu akan sholat maghrib berjamaah, biasanya hanya pagar depan yg di kunci, pintu toko dan rumah dibiarkan terbuka. Eeeee....si kecil lari ambil kertas dan bolpoint, kemudian menulis " SHOLAT " dan kertasnya dilipat segitiga agar bisa berdiri, kemudian dia taruh diatas meja toko. Bener juga nih bocah...dari idenya itu kemudian aku buatkan dari runing led biar lebih menarik perhatian sekaligus sebagai pemberitahuan, bahwa kami sedang sholat. Setelah jadi, ganti sikecil tersenyum sambil geleng-geleng. Gak tau maksudnya....si kecil senang apa dia gak mudeng ya.....?



LCD Monitor AOC Hidup-Mati

Lcd monitor AOC 152V dengan kerusakan: saat dinyalakan normal, tp menu tidak muncul, kemudian mati sendiri, kabel power dilepas dan ditancepin lagi, nyala lagi dan menu osd tetap tidak muncul, beberapa menit mati lagi.
Lupa tidak di photo, keburu diambil yg punya. Setelah di bongkar, cek solderan masih bagus, cek elco juga masih ok, curiga di to switch menu. Benar juga, tok switch gk normal karena diantara kaki-kakinya ada korosi.Bersihkan dengan cutter atau ganti dengan yg baru. Masalah selesai, semoga manfaat.....

Modif Inverter LCD LED Backlight

Karena masih kesulitan beli inverter untuk Backlight LED seperti gambar dibawah ini, terpaksa membuat sendiri rangkaian voltage doubler, karena backlight LED ini membutuhkan teg 24V padahal LCD hanya ada teg 12V, 5V dan 3,3V.


Tanya mbah google, nemu rangkaian voltage doubler yg menggunakan IC NE555, simpel murah meriah, seperti dibawah ini.


Coba dulu pada projectboard, seperti gambar dibawah ini.

Nah tinggal bikin PCBnya, bisa juga pakai PCB lubang.
Semoga manfaat....

Hemat Energy

Gunakan LED putih sebagai penerangan meja komputer, gunakan kabel USB bekas mouse yg rusak. Hubungkan ke konektor USB CPU, led akan bekerja ketika CPU dinyalakan. Lampu ini sdh di gunakan di warnet milik saudaraku di surabaya, hasilnya puas dan hemat listrik, dibanding lampu neon. Pakai LED senter yg sinarnya menyebar, jangan yg sorot. Kemudian diseri dg R 100 ohm, aku pakai 6 LED sdh cukup untuk menerangi keyboard.
Biasakan hemat energy.....