Senin, 03 September 2012

Sharp gambar Pudar


Kesempatan kali ini saya akan memberikan pengalaman saya tentang service TV. TV nya adalah Sharp 25" dengan kerusakan gelap tapi gambar juga kelihatan luntur. Mau tahu Cara Service TV Sharp 25" Gelap Gambar Luntur ?

Pertama sekali yang saya lakukan adalah membongkar casing TV Sharp 25" ini. Dan kemudian saya langsung coba putar screen di bagian flyback. Screen ini fungsinya adalah untuk mangatur terang gelapnya monitor dari flyback. tapi setelah saya coba putar, gambar TV Sharp" 25 inch ini tetep saja tidak berubah masih gelap dan luntur.Ganti socket RGB pun sama tak ada perubahan sama sekali

Akhirnya dugaan saya mengarah pada flybacknya dimana flyback mengalami kerusakan di bagian screennya ini. Saya lepas kabel screen asli dari flyback kemudian saya coba membuat jalur screen sendiri dari pin Colektor Flyback (pin ini nyambung dengan bagian Colector Transistor Horisontal. Rangkaian ini biasa saya pasang dimonitor dan bekerja dengan baik. Gambar Rangkaian tambahannya seperti dibawah ini:


Sengaja saya kasih VR 2MOhm untuk mendapatkan terang yang pas. Setelah saya pasang rangkaian dan saya coba ternyata gambar masih saja gelap. Akhirnya saya coba memutar VR 2MOhm nya untuk mendapatkan screen dengan tegangan yang lebih tinggi, saya putar pelan-pelan dan ternyata TV Sharp 25" ini gambar tiba-tiba terang dan ada garis-garis miring yang menunjukkan bahwa settingan screen terlalu terang. Akhirnya saya coba kembalikan screen asli dari flyback ke tabungnya dan TV Sharp 25" ini saya nyalakan. dan ternyata berhasil nyala dengan normal.

Mengapa bisa demikian? Ternyata Tabung TV ini mengalami short yaitu antara bagian screen G2 dengan bagian Brightness G1, dan sewaktu saya memutar VR 2MOhm ini, berarti saya memberikan tegangan yang tinggi ke G2 Screen tabung dan tegangan tinggi inilah yang melepaskan / membebaskan short(konslet) antara G2 dan G1 ini.

NB: Bagi yang ingin mencoba harap berhati2 jangan sampai kesetrum 
        Jangan sampai tabung terkena dampaknya /ganti saja debgan Flyback yang baru